Saya pemula, harus belajar internet mulai dari mana?

Disarankan untuk baca artikel ini sampai selesai, baru kemudian kamu pilih link yang menarik untuk kamu.

Jangan menutup peluang kamu untuk terus berkembang. sehebat apapun teknik menjual kamu, tidak dapat dipungkiri, internet akan membuat tertinggal jika tidak memanfaatkannya dengan benar.

Blog Digioptima ini hanya mencoba untuk berbagi pengalaman. ilmu selalu berkembang, jadi mungkin saja ada perubahan sejak artikel ini ditulis pertama kali.

yang kami sajikan disini, adalah bagaimana memanfaatkan internet untuk memulai usaha, mengembangkan usaha, bahkan menghasilkan uang dari internet tanpa melakukan transaksi jual beli. (omong kosong? iya, bagi mereka yang belum berhasil membuktikannya)

jadi ada beberapa hal yang dapat anda lakukan melalui Internet untuk menghasilkan uang. mulai dari sebagai pedagang (barang dan jasa), broker, affiliate produk digital, menjual informasi, dan sebagai publisher yang menayangkan iklan orang lain.

Bisnis sektor riil

bagi sebuah usaha sektor riil, internet tidak ubahnya seperti sebuah alat atau media untuk berkomunikasi dengan audience nya, yang tertaraget ataupun tidak, tergantung tujuan dari komunikasi itu sendiri.

di dunia bisnis konvensional, usaha Anda mungkin sudah termasuk leader, namun ketika pengguna Internet semakin besar, sangat disarankan anda berinvestasi di Internet Marketing. karena selain memperkuat Brand Anda, Internet sangat memungkinkan membantu anda dalam menjangkau market yang lebih luas

Sebaliknya, bagi Anda yang baru berpikir untuk memulai bisnis konvensional, percayalah bahwa internet adalah sarana yang bagus untuk memulai.

apakah ini model yang sesuai untuk Anda? klik disini

Bisnis Digital

ini model bisnis yang mengandalkan kemampuan menciptakan platform digital yang memungkinkan orang lain berkumpul, ataupun menggunakan produk digital anda. misalnya membuat payment gateaway, marketplace, social media platform, ataupun games. penghasilan bisa diperoleh dari biaya berlangganan, membeli item, potongan fee transaksi, dan yang paling banyak dari pemasangan iklan.

Affiliate Marketing

disini anda bertindak sebagai pedagang, tanpa perlu memusingkan perpindahan fisik barang, kebanyak yang dijual adalah product-product digital, tapi tidak menutup juga produk fisik yang dijual oleh pihak lain, intinya, Anda mengarahkan traffic pengunjung ke website penjual, dan apabila terjadi penjualan, maka Anda akan mendapatkan komisi.

klik disini untuk beberapa contoh affiliate marketing

Publisher

model bisnis ini, mungkin sangat cocok bagi anda yang hobi menulis, atau senang mendokumentasikan hal-hal yang menjadi minat. ketika website anda ramai pengunjung, anda akan mendapatkan uang dari iklan yang dilihat oleh pengunjung web anda. tidak hanya web, dapat juga berupa video di channel youtube misalnya. intinya iklan akan terpasang di content yang anda buat.

nah, sekarang pertanyaannya mulai dari mana? jawabannya, tergantung minat dan skill yang anda miliki. tapi semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing

Benang Merah

Model bisnis apapun yang Anda pilih, sebenarnya semua memiliki kesamaan benang merah. yang intinya, anda harus bisa menarik TRAFFIC sebanyak mungkin. dan bukan hanya sekedar Traffic, melainkan traffic yang benar-benar tertarget.

disinilah seni dari internet marketing yang sesungguhnya. karena masing-masing teknik memiliki karakter tersendiri. kalau Anda pernah mendengar istilah SEO, Adwords, FB ads, dll, itu merupakan teknik atau tools yang dipakai di dunia internet untuk menjaring traffic. tapi penggunaannya harus sesuai dengan kebutuhan.

makanya di awal, disarankan Anda menentukan dulu tujuan atau model yang akan dijalankan, dan nanti akan ada analisa lebih lanjut, mengenai karakter produk, karakter industri, dan karakter target konsumen.

dari situlah, baru kita memilih tools dan strategi apa yang akan kita gunakan.

ingin punya komunitas untuk diskusi belajar bisnis online?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *